Friday, November 23, 2012

Gencatan Senjata Palestina-Israel

   Televisi al-Aqsha melaporkan, pemerintah Palestina mengumumkan tanggal 22 Novenber sebagai Hari Raya Nasional dan liburan resmi.

   ISNA (22/11) melaporkan, Gerakan Muqawama Islam Palestina Hamas juga menyebut hari ini sebagai hari kemenangan bangsa Palestina dalam perang Gaza dan hari istimewa yang harus dirayakan.
  Juru bicara Hamas, Ihab al-Ghasin, mengimbau warga untuk merayakan hari ini dan menjenguk keluarga para syuhada dan korban luka-luka. Selain itu dia juga menekankan pengokohan persatuan dan solidaritas.

    Adapun kesepakatan gencatan senjata terkait agresi Zionis Israel di Gaza sejak pekan lalu. Inilah poin-poin dalam kesepatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel tersebut :

(1) Israel harus menghentikan semua agresinya ke Gaza baik dari darat, laut dan udara. Itu termasuk menghentikan aksi provokasi dan penembakan terhadap orang.
(2) adalah faksi-faksi perlawanan menghentikan semua aktivitas perlawanannya dari Gaza ke Israel. Itu termasuk penghentian tembakan roket dan serangan dari perbatasan.
(3) adalah membuka perlintasan dan memberikan kemudahan bagi orang dan barang yang masuk ke Gaza, tidak mengekang pergerakan warga atau mengincarnya di wilayah perbatasan dan melakukan semua ini salam 24 jam sejak masuknya kesepakatan gencatan senjata.
(4) kedua pihak akan melakukan pembicaraan untuk menyepakati semua masalah jika tidak sesuai dengan kesepakatan.


   Sementara, mekanisme pelaksanaan kesepakatan gencatan senjata sebagai berikut:
a. Membatasi mulai berlakunya kesepakatan sejak jam 00 setelah kesepakatan ini ditanda tangani.
b. Pihak Mesir mendapat jaminan bahwa semua pihak komitmen dengan kesepakatan.
c. Semua pihak komitmen untuk tidak melakukan kagiatan apapun yang dapat mengganggu atau membatalkan kesepakatan. Saat ada peringatan dari Mesir, maka semua pihak wajib kembali pada Mesir sebagai penggagas kesepahaman untuk dibahas. 

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment